Friday, May 11, 2012

Ajaran Agama Islam

Pada umumnya semua agama yang ada mempunyai prinsip yang tidak jauh berbeda atau sama, bila dilihat dari sudut pandang pengertian agama itu sendiri, yaitu menginginkan kebaikan, kesehjateraan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.Walaupun demikian, tiap agama mempunyai prinsip masing-masing di dalam  masalah ke Tuhanan, ibadah, hukum dan lainya.


Berikut prinsip-prinsip yang terdapat dalam agama Islam

1. Mudah, tidak memberatkan atau menyulitkan
Firman Allah:
“Allah SWT tidak membebankan kepada kamu, kecuali apa yang bisa kamu lakukan.” (Q.S.Al Baqarah (2) : 286)
Contoh :
Apabila kita di dalam melaksanakan shalat tidak dapat berdiri, bisa melaksanakan dengan duduk, dan apabila juga tidak bisa, dapat melaksanankan dengan berbaring.

2. Keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat
Firman Allah yang tercantum di dalam Al Quran pada Surat Al Qashash ayat 77 yang artinya sebagai berikut:
“Dan carilah apa saja yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, janganlah kamu melupakan kebahagiaan dari (kenikmatan) duniawi…..”

3. Keselamatan dan Kedamaian
Sesuai dengan pengertian Islam yang berarti islah atau damai, selamat, aman, maka jelas bahwa ajaran Islam membawa kepada umatnya dan manusia pada umumnya keselamatan dan kedamaian.

4. Keadilan dan Persamaan
Adil berarti meletakkan sesuatu hal sesuai pada tempatnya, sesuatu yang benar harus dikatakan benar dan salah harus dikatakan salah, bukan sebaliknya. Dalam Islam tidak mengenal ras atau golongan, atau kasta. Semua dipandang sama, yang membedakan hanya keimanan dan ketaqwaannya.

5. Tolong Menolong dan Toleransi
Islam mengajarkan pada umatnya agar saling tolong menolong, sesama manusia dalam kebajikan, dan menghargai satu sama lain. Islam juga mengajarkan pada umatnya tidak boleh memaksakan agama kita kepada orang lain yang berbeda agama. Dalam Surat Al Kafirun Allah menegaskan “Bagimu Agamamu dan bagiku agamaku,” demikian Islam mengajarkan tentang toleransi

1 comment:

  1. titanium sponge - Titanium Art & Design - Titsanium
    Our tip raft titanium is titanium flash mica a simple yet benjamin moore titanium elegant titanium apple watch band way to customize your jewelry or make your own titanium exhaust wrap custom Titanium-art. This easy to use

    ReplyDelete